Minggu, 21 Maret 2010

Awasi Penggunaan Ponsel Untuk Anak

Di Negara besar seperti Jepang di kalangan pelajar penggunaan ponsel sangat mengkhawatirkan.Bahkan ada siswa yang menggunakannya untuk kejahatan.
Di Indonesia sebaiknya juga dibatasi dan yang paling penting diarahkan ke penggunaan yang benar.

Kebanyakan dari siswa pengguna ponsel itu menghabiskan waktu hingga berjam-jam di malam hari untuk berkirim surat elektronik, email,sms dan mms kepada teman sekolahnya.Seharusnya para pelajar tersebut di malam hari belajar sesuai dengan kewajibannya sebagai pelajar dan itu sudah menjadi kewajibannya, bukannya malah bermain-main dengan ponsel tanpa mengenal waktu untuk belajar.

Memang dampak langsung terhadap kesehatan harus dibuktikan melalui penelitian lebih lanjut.Namun jangka panjangnya pasti ada efeknya ke kesehatan manusia.
Salah satu segi yang berdampak pada anak adalah aspek sosiologis,mental dan mungkin etika yang perlu mendapatkan perhatian serius dari orang tua dan pemerintah.
Ingatlah bahwa perkembangan ponsel kini tidak hanya untuk mengirim pesan singkat atau sms, namun juga mengirim gambar dan mengakses internet.Belum lagi jejaring sosial yang sedang booming dan bebas untuk diakses seperti facebook dan twitter.
Hal itu akan memberikan pengaruh besar pada perkembangan anak yang mana mereka bebas menggunakannnya, karena ponsel adalah alat komunikasi yang privat tidak seperti computer atau pc.Jadi berilah pengarahan kepada anak dalam menggunakan ponsel.

Setujukah kawan dengan opini di atas untuk selalu memperhatikan kegiatan anak atau pelajar dalam menggunakan ponsel.Kalau aku sih sangat setuju sekali untuk menjadikan masa depan generasi bangsa yang lebih baik.
Tips trik untuk orang tua murid sebaiknya mengontrol dan memberi pengarahan ke hal positif mengenai penggunanan ponsel untuk anak mereka demi generasi bangsa ini.