Rabu, 24 Maret 2010

Perbedaan J2ME dan BREW Untuk Ponsel

Perbedaan dari pengertian J2ME dan Brew pada ponsel adalah seperti di bawah ini.



J2ME:
Adalah teknologi java yang diperuntukkan untuk konsumen kecil dengan prosesor,memori,layar dan kemampuan input yang terbatas.Arsitekturnya dilandasi oleh kategori dan perangkat-perangkat struktur yang sudah ditentukan.
Untuk menjalankan aplikasi J2ME di ponsel telah didukung adanya java virtual machine yang mana berjalan diatas sistem operasi yang spesifik.Ukuran dan kompleksitasnya tergantung dari konfigurasi utama J2ME tersebut.


Kok sulitnya mengartikan ya.Intinya seperti itulah pokoknya.
Kelemahannya adalah konsumsi daya yang relatif besar sebab mesin virtualnya tetap beroperasi saat statusnya tidak aktif.Protokol komunikasinya hanya mengunakan http dan model ponselnya hanya kelas menengah sampai kelas tinggi.

BREW:
Brew berjalan diatas sistem level firmware atau chipset CDMA dan khususnya untuk aplikasi nirkabel yang dapat di download dan di eksekusi melalui ponsel.Sama seperti java atau J2ME, brew membutuhkan runtime environment yang semacam mesin virtual.
Konsumsi daya yang relatif kecil jadi dapat mengurangi daya pada saat tidak digunakan.Protokol komunikasinya dapat digunakan untuk seluruh protokol TCP/IP dan model ponselnya dapat di instal di seluruh model ponsel mulai dari level bawah, menengah sampai atas.

Kesimpulannya adalah bahwa BREW tampak lebih unggul dibandingkan dengan java.Tapi sifat java yang menganut sistem sumber terbuka membuatnya lebih fleksibel dan ini tentu saja membuat java menjadi pilihan banyak pengembang aplikasi saat ini.Aplikasinya banyak dan mudah digunakan di ponsel daripada brew.

Itulah sekelumit tentang perbedaan java J2ME dan BREW.Hal ini aku posting semata sebagai pengingat pengetahuan umumku dimana kala aku lupa bisa membuka konten yang telah aku tulis sendiri.hehe