Senin, 15 Maret 2010

Tips Mengecek Kondisi Baterai Hp

Sungguh kesal juga jika baterai hp kita tidak rusak ternyata di vonis rusak oleh tukang reparasi hp.
Berdasarkan pengalamanku sebenarnya kita dapat mengecek sendiri kondisi baterei hp kita apakah memang benar-benar rusak ataukah cuma kurang tegangan doank.Itupun kalau baterei dilihat tidak menggelembung.

Tapi kalau menggelembung segera ganti saja dengan baterei yang baru.Sebelum dibawa ke tukang servis kita cek dulu saja arus output baterei dengan menggunakan multitester.Baterei hp memiliki tegangan 3,7 volt biasanya.

Cara mengukur tegangan adalah dengan meletakkan jarum merah multitester ke posisi positif baterei dan jarum yang warna hitam ke negatif baterei.Bila jarum penunjuk pada posisi tidak bergerak atau di bawah nilai 3,7 volt berarti baterei mengalami drop.
Tips bila punya uang segera ganti saja baterei ponsel hp dengan yang baru.
Tapi jika uangnya belum ada atau kurang kita suntik saja batereinya atau di cash secara manual menggunakan baterei A2 agar tegangan kembali ke posisi normal.

Caranya mengecashnya adalah dengan menyusun 3 buah baterei A2 dan menghubungkan positif dengan negatif secara berurutan atau disebut dengan hubungan seri.Ambil 2 kabel secukupnya dan sambungkan ke kutup positif baterei ketemu positif baterei hp dan satunya ke negatif baterei ketemu negatif hp.

Cash hp berlangsung kurang lebih dilakukan 30 menitan.Selanjutnya cek baterei hp kita dengan multitester jikat tetap sama berarti regulator yang ada dalam baterei hp rusak dan tidak bisa tertolong lagi.Seomoga tips trik ini bermanfaat.Selamat mencoba.