Memperkenalkan Berbagai Macam Jenis Ponsel dari Vendor Lokal Maupun Branded

Memperkenalkan Berbagai Macam Jenis Ponsel dari Vendor Lokal Maupun Branded

Quality of Service Operator Selular di Indonesia

Quality of service atau di singkat QOS adalah suatu rumusan standar yang bisa digunakan oleh industri selluler agar penggunyanya merasa nyaman.Kurang lebih begitulah pengertian dari QOS tersebut.Standar ini memang mutlak diperlukan agar kenyamanan bertelekomunikasi tercipta.Melalui QOS, layanan selular dalam negeri ini

setidaknya akan memberikan keuntungan pada masyarakat dengan kontribusi nyata.
QOS merupakan batasan minimum layanan operator terhadap pengguna.Seharusnya harus sejak dini standar ini digunakan.Tetapi kenapa harus terlambat.Implementasi dari QOS ini harus menyeluruh dan jelas diterpkan bersamaan dengan penetapan undang-undang telekomunikasi, sehingga tidak akan merepotkan di kemudian hari.

Parameter yang ada dalam pengaturan QOS memang terbilang banyak, seperti indikator berikut ini:
1.Dropped Call.
2.Coverage area yang ada dimana saja.
3.Kapasitas BTS.
Dalam hal ini suka atau tidak suka masyarakat memang harus memperoleh panduan yang jelas dan mekanisme yang ringkas dalam menggunakan layanan maupun saat melakukan komplain.

Memang sich secara global QOS masih cukup sulit untuk diimplementasikan keseluruhan.Ada beberapa hala yang memang bisa diterapkan secara nasional, tapi beberapa aku rasa tidak bisa dilakukan secara menyeluruh kok.Masih butuh waktu baik dari segi infrastruktur, teknis lapangan, faktor internal maupun faktor eksternal.
Tidak heran jika pemerintah memberi waktu penerapan tiga bulan sejak QOS di berlakukan tahun 2008 yang lalu.Gimana hasilnya sekarang setelah per april ini menginjak usia 2 tahun.Anda pasti bisa menjawabnya sendiri kan.

Lebih jauh lagi mengacu dari sudut pandang konsumen, dengan adanya QOS ini bakal sangat menguntungkan.Mengapa.Karena slah satu manfaatnya bagi konsumen adalah bila mereka merasa dirugikan terkait standarnya, maka bisa komplain pada operator atau badan hukum yang berwenang.
Sementara dari segi operator sendiri juga ada untungnya kok.Yaitu akan bertambahnya pelanggan.

Jika kita ingat saat kita menggunakan layanan salah satu operator dan terjadi drop call, maka kita akan merasa sebel banget.huh....Terjadinyanya kegagalan panggilan ini selalu dikait-kaitkan dengan tingginya lonjakan trafiik yang lantas overload dan tak mampu ditangani sepenuhnya oleh pihak operator.Apalagi kadang menyalahkan ponsel yang kita pakai sudah rusak.Wah..jangan gitu donk.
Meskipun pihak operator berkilah kalau masalah ini bisa teratasi, namun lagi-lagi masalah drop call selalu terjadi.
18 Komentar untuk "Quality of Service Operator Selular di Indonesia"

Aku kira henpunku yang bermasalah mas, soalnya sering gagal melakukan panggilan.
Btw makasih untuk infonya...

drop call memang hal yang sudah biasa di dunia perponselan. Dengan adanya QOS, kita berkesempatan untuk melakukan complain kepada operator. Namun pernyataan operator kadang membuat sebel kita. Bukannya membantu malah merumitkan.

Coba aja.. Misalnya lagi telepon masalah rapat, eh.. Tiba mati.. Kita langsung telepon call center. Tapi gak bisa kan marah-marah. Hoho..

Drop call juga banyak yang disengaja. Ada yang memutuskan saat 30 menit dan juga ada yang 1 jam. Kalau menurut saya, ini sama saja membohongi. Kenapa? Misalnya ada operator yang membiayai 300 rupiah per telepon. Tapi setia satu jam mati. Itu kan sama aja 300 rupiah per jam.

Oh iya.. Thx ya atas pengertian QOSnya..

Owh g2, ya. Pantesan brapa hari ni rda rumit.. Tq U sob..infox ;-)

iya, saya sering ngalamin yang kayak gini.
hmm, jadi tambah wawasan nih :)

hp saya sering tuh mengalami drop call... entah dari hpnya karena dah jadul atau karena dari operatornya...hehehehe

gw paling sebel kalo tilpun yg nganggkat malaha cewek ngomongnya begini "no yang anda hubungi sedang berhubungan badan, tunggulah beberapa saat lagi"...para operator saling berlomba menjerat para pelanggan dengan menurunkan taris, banyak bonus dll...berarti yg diuntungkan konsumen tho bung...

hP saya jUga sering mengalami drop cAll sOb..

Wah bener bgt tuh Cak......Operator'y emank ga ada yg bener.....
makasih nie info'y jadi tambah Ngerti hhe.....

ternyata QOS itu bisa bermanfaat yah buat kita, baru tau saya ih. :)
kiraind saya selama ini, QOS itu cmand peraturan ajja..

mampir lagi di blog nya mas tomo,,.
wah yang ter akhir bener tuh,,
emang suka gitu tuh operator,,
kalau lagi jelek ia bilang jelek,,
mungkin kita juga bisa menyadarinya,,
jangan salahkan pelanggan donk,,
ntar kita kabur neh

nah kalo untuk BTS tu sob daerah ku masih jarang..tu ngrush gak sama sinyal ya..soale sinyal daerah ku jelek

Wach terima kasih infonya mas dan saya juga pernah mengalami hal itu dan akhirnya saya datangin operator,alhamdulillah setelah itu sampai sekarang gak pernah terjadi lagi...:D

Slm knl dan sukses selalu mas...:D

kalau pakde yang dirasakan hanya pada sinyal untuk internet, sampek mules perut pakde karena sinyal internet pade yang mendrip mendrip kayak ublik yang kehabisan minyak

wah.. iya nih kemaren operator ponsel saya gangguan mulu..

eh tapi yang saya ingin tanyakan mengapa di luar negeri Tarif telepon murah banget yah? malah bisa gratis.

internet gratis pula. klo di Indonesia mahal semua. kualitas juga ga sebagus luar negeri.

-___________-

wah dapet wawasan baru nech trs terang sebelumnya
belum tau masalah QOS, drop call secara mendetail
termyata ada plus minusnya
thanks sharingnya sob
Sukses Slalu!

terimakasih mas udah memberi ilmu baru nih

Back To Top