Sabtu, 10 April 2010

Quality of Service Operator Selular di Indonesia

Quality of service atau di singkat QOS adalah suatu rumusan standar yang bisa digunakan oleh industri selluler agar penggunyanya merasa nyaman.Kurang lebih begitulah pengertian dari QOS tersebut.Standar ini memang mutlak diperlukan agar kenyamanan bertelekomunikasi tercipta.Melalui QOS, layanan selular dalam negeri ini

setidaknya akan memberikan keuntungan pada masyarakat dengan kontribusi nyata.
QOS merupakan batasan minimum layanan operator terhadap pengguna.Seharusnya harus sejak dini standar ini digunakan.Tetapi kenapa harus terlambat.Implementasi dari QOS ini harus menyeluruh dan jelas diterpkan bersamaan dengan penetapan undang-undang telekomunikasi, sehingga tidak akan merepotkan di kemudian hari.

Parameter yang ada dalam pengaturan QOS memang terbilang banyak, seperti indikator berikut ini:
1.Dropped Call.
2.Coverage area yang ada dimana saja.
3.Kapasitas BTS.
Dalam hal ini suka atau tidak suka masyarakat memang harus memperoleh panduan yang jelas dan mekanisme yang ringkas dalam menggunakan layanan maupun saat melakukan komplain.

Memang sich secara global QOS masih cukup sulit untuk diimplementasikan keseluruhan.Ada beberapa hala yang memang bisa diterapkan secara nasional, tapi beberapa aku rasa tidak bisa dilakukan secara menyeluruh kok.Masih butuh waktu baik dari segi infrastruktur, teknis lapangan, faktor internal maupun faktor eksternal.
Tidak heran jika pemerintah memberi waktu penerapan tiga bulan sejak QOS di berlakukan tahun 2008 yang lalu.Gimana hasilnya sekarang setelah per april ini menginjak usia 2 tahun.Anda pasti bisa menjawabnya sendiri kan.

Lebih jauh lagi mengacu dari sudut pandang konsumen, dengan adanya QOS ini bakal sangat menguntungkan.Mengapa.Karena slah satu manfaatnya bagi konsumen adalah bila mereka merasa dirugikan terkait standarnya, maka bisa komplain pada operator atau badan hukum yang berwenang.
Sementara dari segi operator sendiri juga ada untungnya kok.Yaitu akan bertambahnya pelanggan.

Jika kita ingat saat kita menggunakan layanan salah satu operator dan terjadi drop call, maka kita akan merasa sebel banget.huh....Terjadinyanya kegagalan panggilan ini selalu dikait-kaitkan dengan tingginya lonjakan trafiik yang lantas overload dan tak mampu ditangani sepenuhnya oleh pihak operator.Apalagi kadang menyalahkan ponsel yang kita pakai sudah rusak.Wah..jangan gitu donk.
Meskipun pihak operator berkilah kalau masalah ini bisa teratasi, namun lagi-lagi masalah drop call selalu terjadi.