Selasa, 02 Oktober 2012

Lebih Baik ya Apple Iphone 5 atau Samsung Galaxy S3

Smartphone Apple iPhone 5 telah hadir sekarang, sedangkan Samsung Galaxy S3 telah sekian lama hadirnya. Lalu para pengguna akan memilih yang mana, di sinilah akan dijelaskan pertempuran kedua smartphone ini.



1. Sisi Dimensi.
Kalau iphone 5 berdimensi 123,8 x 58,6 x 7,6 mm dan berat 112 gram, sedangkan Samsung Galaxy S3 memiliki berat 133 gram dan 136,6 x 70,6 x 8,6 mm.
Meski ukuran yang ada belum tentu relevan dengan fisik yang ada, namun dilihat dari sisi dimensi, Apple iPhone 5 lebih unggul, selain tipis juga ringan.

2. Desain
Meskipun terminal Apple baru tidak membawa inovasi desain, itu membuat desain berkelas yang sama diperkenalkan oleh iPhone 4. Lebih enak digenggam, langsing, dan memiliki kasus aluminium mengkilap.
iPhone 5 diunggulkan.

3. Sisi layar.
iPhone 5 hadir dengan 4" LED backlit panel TFT IPS Touchscreen dengan resolusi 640 piksel x 1.136 dan dilindungi oleh Gorilla Glass. Sedangkan Samsung Galaxy S3 menawarkan layar 4.8" touchscreen dengan 720 x 1.280 piksel dan teknologi Super AMOLED, terlindung dari goresan oleh lapisan Gorilla Glass 2.
Kedalaman layar SGS3 lebih unggul dibandingkan dengan Apple iphone 5.

4. Sistem Operasi
Inilah salah satu persoalan yang sulit antara iOS dan Android.
Ini hanya tentang selera saja dan apa yang Anda harapkan dari smartphone. Jika Anda menginginkan kebebasan dan UI dikustomisasi Anda pasti akan pergi untuk Android. Jika Anda menginginkan stabilitas dan pengelolaan sumber daya yang lebih baik, maka IOS adalah platform yang Anda butuhkan.

iPhone 5 dilengkapi dengan pre-loaded dengan versi terbaru dari sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple, iOS 6, sedangkan Samsung Galaxy S3 pemilik akan harus menunggu sedikit lebih sampai Android 4.1 Jelly Bean menjadi tersedia untuk perangkat mereka, dan aku tidak berbicara tentang ROM kustom atau Firmwares bocor di sini.

Apple mengumumkan bahwa iOS 6 telah menerima integrasi Facebook, yang benar, tetapi pada Android 4.0 ICS Anda akan mendapatkan integrasi dengan hampir semua aplikasi yang Anda install, dari Facebook, Twitter dan Google+ untuk Imgur, Picasa dan Instagram.

Di sisi lain aplikasi Maps di iOS 6 adalah kekecewaan, sedangkan TouchWiz Samsung Galaxy S3 dilengkapi dengan fitur menarik seperti Direct Call, Smart Alert, Palm menggesek untuk menangkap, Tekan ke atas, atau Pop-up-Play. Asisten pribadi Apple, Siri terkenal, jelas lebih baik daripada Voice GS3 S, tetapi hal-hal akan berubah dengan update Android 4.1 Jelly Bean yang membawa Google Sekarang.

Seperti yang saya sebutkan di atas, sulit untuk membedakan mana sistem operasi yang lebih baik.

5. Konektivitas
Apple iPhone 5 fitur 3G, 4G LTE, Bluetooth, Wi-Fi 802.11 a / b / g / n, Wi-Fi hotspot dan Lightning connector agar bisa tersambung dengan aksesoris. Namun sayangnya, Lightning connectort ini harganya mahal, sekitar $30.

Di sisi lain, Samsung Galaxy S3 dilengkapi dengan semua pilihan konektivitas dari iPhone 5, kecuali untuk dukungan LTE yang, di Amerika hanya tersedia untuk varian yang datang dengan dual-core 1,5 GHz Snapdragon chipset S4. Tapi smartphone Samsung datang dengan WiFi Direct dan DLNA, yang bekerja sama dengan chip NFC dan teknologi S Beam memungkinkan pengguna untuk berbagi file OTA. Meminjam kabel USB milik teman pun juga bisa di SGS3 ini.
Jadi, di sisi Konektivitas masih unggul Samsung Galaxy S3.

6. Memori
Kedua perangkat datang dengan 1GB RAM, keduanya memiliki 16/32/64 GB penyimpanan internal, tetapi Samsung Galaxy S3 memiliki slot kartu microSD yang mendukung hingga 64 GB penyimpanan ekstra untuk aplikasi, musik, video, foto, atau apa pun melintasi pikiran Anda.
Jadi SGS3 menang di sisi memori.

7. Kamera
Spesifikasi kamera dari iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3 cukup mirip. Smartphone datang dengan sensor 8 MP, dengan autofocus, LED flash, video HD dan simultan merekam gambar, geo-tagging, touch focus, face detection, image stabilization dan penuh merekam video HD.

Sedangkan Samsung Galaxy S3 dilengkapi dengan deteksi senyum, tapi itu tidak cukup untuk mengalahkan iPhone 5 yang canggih dengan sensor BSI.
Skor untuk Apple iPhone 5 di sisi kamera.

8. Processor
Hingga saat ini pihak Apple belum mengumumkan besaran frekuensi prosesornya.
Yang ada A6,
Tes telah menunjukkan bahwa hal itu didasarkan pada dua Apple-dirancang ARMv7 core (suatu tempat di antara A9 dan A15) dan frekuensinya dapat meningkatkan ke hingga 1,3 GHz. Chipset A6 selesai oleh SGX triple-core PowerVR 543MP3.

Kita tahu pasti bahwa Samsung Galaxy S3 ditopang oleh chipset Exynos 4412 perkasa dengan empat core Cortex A9 clock 1,4 GHz, sedangkan pengolahan grafis dikelola oleh quad-core Mali-400MP GPU.
SGS3 lebih unggul dalam olah game dan aplikasi.

9. Baterai
iPhone 5 dilengkapi dengan baterai Li-Ion 1.440 mAh yang kabarnya akan tetap hidup melalui hingga 8 jam waktu bicara 2G atau 3G, sementara Samsung Galaxy S3 olahraga Li-Ion 2.100 mAh baterai, mampu menjaga terjaga sampai 21 h 40 menit waktu bicara 2G atau hingga 11 menit 40 jam pada 3G.
Namun ada yang bilang kalau fans apple berbicara bahwa iphone 5 dapat tetap on sepanjang hari.
Sulit menentukan, tapi berdasar sepsifikasi samsung lebih tahan lama.

Kesimpulan
Samsung Galaxy S3 menang di Konektivitas, Memori, Layar, dan Processor, sedangkan Apple iPhone 5 bertenaga terminal lebih baik, Dimensi, Kamera dan Desain.
Kedua smartphone yang kuat sama-sama cocok ketika datang ke Baterai dan Sistem Operasi.