Sabtu, 16 Maret 2013

Kelebihan Kekurangan Polytron Wizard Crystal II W3430

Beberapa waktu yang lalu Polytron Indonesia telah meluncurkan sebuah smartphone android barunya, dimana perangkat ini generasi penerus dari W3430 dengan jeroan yang lebih mumpuni dengan tekstur bodi yang lumayan kesat sehingga tidak membuat licin saat dipegang.


Layar

Warna pilihan adalah hitam. Layarnya menggunakan teknologi Super Amoled layaknya hp samsung yang dipadaukan dengan lebar layar 4.3-inch sehingga membuat mata sangat nyaman karena lebarnya layar ini. Layar berbahan gorilla glass yang sangat sensitif serta tahan dari segala benturan yang ringan.

Isi layar tampak jernih dan tajam dengan warna cukup natural. Sapuan pada permukaannya terasa mulus mak nyus. Layar mendukung 3 titik sentuh, ada kalanya tampak silau di bawah terik matahari. Namun dengan adanya pengaturan otomatis pada Brightness, cukup membantu mengatasinya.

Perlu diketahui sob, bahwa Polytron Wizard Crystal II W3430 ini tidak ada panel ekstra, semuanya menggunakan kontrol sentuh, Back, Home dan Recent yang berasal dari sistem operasi. Tombol yang terlihat hanya ada Power/Lock yang ada di kanan bodi dan tombol volume yang ada di kiri bodi. Sedangkan selebihnya adalah port microUSB dan jack audio 3.5 mm yang ada di atas bodi. DI susut atas, tampak kamera VGA, sedangkan kamera utamanya di belakang bodi, 8MP with flash. Speakernya dimana...? Dia terletak di bawah bodi. Ada dua slot SIM dan slot microUSB yang tersembunyi di balik casing.
Slot SIM 1 dan slot microSD letaknya terganjal baterai, hanya SIM 2 saja yang bebas akses.

Kamera

Tidak ada tombol khusus alias shortcut untuk kameranya. Akan tetapi telah disediakan icon kamera yang ada di lockscreen untuk pintasannya. Aktivasi kamera cukup cepat karena hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 detik saja. Kita hanya menggunakan shutter sentuh untuk mengoperasikan kamera di produk ini.

Yang unik dari fotonya adalah fitur Panorama. Fitur ini bisa menggabungkan 9 foto secara berurutan dengan 2 opsi sekuen, yaitu dari kiri ke kanan dan 3D.
Selain itu, kamera Polytron Wizard Crystal II W3430 memiliki fitur:
  • HDR (High Dynamic Range )
  • 8 opsi white balance
  • 7 opsi color effect
  • 14 opsi scene mode.
  • Picture size maksimal 8M.
  • ISO maksimum 1600.

Sedangkan pada video, yang keren adalah effects berupa silly faces dan background. Dengan ini kita bisa membuat muka aneg atau menambah latar unk. Flash mode, white balance dan color effect di mode kamera ini tetap berfungsi dengan tambahan time lapse interval. Video quality maksimal fine dengan durasi maksimal 60 menit.


Kinerja

Ponsel pintar ini masih berbekal OS android 4.0 ICS. Dan tampaknya bakal tidak ada upgrade OS untuk Polytron Wizard Crystal II W3430, tapi juga entahlah dari pihak vendor sendiri. Andai saja bisa diupgrade, maka alangkah lebih bisa bersaing dengan dunia ponsel di tanah air, lebih kompetitiflah.

Tapi jangan salah sangka loh, karena jika diupgrade bisa jadi terjadi penurunan kinerja karena prosesornya hanya 1 Ghz Dual-core dengan pendamping RAM 512MB dan ROM 4GB. Namun, seharusnya dengan adanya memori eksternal maka fungsi pemindahan aplikasi dari internal ke microSD di sitem versi yang lebih tinggi kayaknya hasilnya tidak akan begitu parah, alias bisa.

Kalo saya lihat review benchmark di internet, benchmark menunjukkan hasil yang lumayan. Benchmark quadrant pada angka 2956 dan Nenamark 2 di angka 28.6.
Jadi kesimpulan kinerja, lumayan selama tidak diupgrade.

Fitur Ekstra

Ada juga fitur aplikasi ekstra khususnya untuk menjaga stamina smartphone seperti Advanced Task Killer dan Flash Player setting. Polytron juga menyisipkan aplikasi ekstra lain seperti:
  • Facebook.
  • Qute.
  • Messenger.
  • Line.
  • MindTalk Beta.
  • Instagram.

Konektivitas dan Internet

Kedua SIM bisa digunakan untuk akses internet cepat 3G, dimana setting operator pun langsung bisa dikenali. Selain itu kita juga bisa memakai wifi.

Browser bawaan lumayan cepat. Ketika terhubung dengan komputer PC, smartphone ini langsung bisa dikenali dengan 4 pilihan koneksi, yaitu:
  • USB Storage.
  • Media device.
  • PTP.
  • Bluetooth.





Kelebihan

Fitur ekstra di kamera, music player dan video.

Kekurangan

Tak ada informasi upgrade OS.

Spesifikasi

Dual SIM GSM.
Jaringan: GSM, HSDPA.
Dimensi: 126 x 65 x 9.8 mm.
Berat: 118.8 gram.
Layar: 4.3-inch Super AMOLED, 800x480 pixel, WVGA kapasitif multitouch, Gorilla glass.
OS: Android 4.0.4 ICS.
Prosesor: 1 Ghz Dual-core.
KameraL 8MP, AF, Flash dan VGA depan.
Konektivitas: Wifi, bluetooth, microUSB.
Memori: ROM 4GB, RAM 512MB, microSD 32GB.
GPS dan sebagainya.

Harga

Harga jual di pasaran adalah Rp. 2.759.000,-
Sedangkan pesaing terdekat adalah Smartfren Andromax U di hp lokal.