Senin, 19 Agustus 2013

10 Aplikasi Smartphone Paling Populer di Dunia

10 Aplikasi Smartphone Paling Populer adalah:

1. Google Maps
Layanan peta digital Google Maps memang punya manfaat yang besar untuk menunjukkan arah hampir di semua lokasi. Tidak mengagetkan jika aplikasi ini menjadi yang paling banyak digunakan, dengan persentase pemakai 54%.


Popularitas OS Android sepertinya turut memicu ketenaran Google Maps, yang biasanya sudah terinstal dalam smartphone Android. Google Maps sendiri dikenal cukup akurat dalam menunjukkan arah yang diinginkan.

2. Face Book Mobile App
Facebook yang didirikan drop out Universitas Harvard Mark Zuckerberg, masih bertahan sebagai jejaring sosial paling tenar sejagat. Aplikasi mobilenya dipakai oleh 44% dari seluruh user smartphone global.

Aplikasi Facebook memang seolah menjadi menu wajib bagi sebagian pengguna smartphone. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa tetap terkoneksi dengan jaringan temannya, termasuk untuk berbagi pesan, foto ataupun video.

3. You Tube
YouTube memang layanan berbagi video paling populer di dunia. Aplikasi mobile menempati posisi ketiga dengan persentase 35% dari total pemakai ponsel cerdas.

Aplikasi YouTube memungkinkan user untuk melihat ataupun berbagi konten video. YouTube dimiliki oleh raksasa internet, Google.

4. Google+ Mobile App
Google+ adalah jejaring sosial ciptaan Google yang diluncurkan pada bulan Juli 2011. Aplikasi mobilenya ternyata populer dengan jumlah pengguna di kisaran 30% dari seluruh pemakai smartphone.

Padahal, Google+ dinilai kalah terkenal daripada aplikasi sejenis semacam Facebook maupun Twitter. Namun di ranah mobile, jumlah penggunanya rupanya bisa bersaing, bahkan melebihi Twitter.

5. WeChat
WeChat adalah salah satu aplikasi messaging yang sedang naik daun. Bagaimana tidak, aplikasi yang satu ini digunakan oleh 27% dari total pengguna smartphone di dunia.

WeChat diciptakan oleh perusahaan teknologi asal China, Tencent. Aplikasi ini sedang giat dipromosikan ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

6. Twitter
Twitter dalam waktu relatif singkat menjadi jejaring sosial yang sangat diminati. Sebagai imbasnya, aplikasi mobile Twitter pun banyak dipakai, dengan jumlah pengguna 22% dari seluruh pengguna smartphone global.

Aplikasi Twitter punya fungsi penuh seperti penggunaan di PC. Termasuk menambahkan teman, upload foto, dan tentu saja menulis pesan untuk diposting.

7. Skype
Statusnya sebagai layanan VoIP terpopuler dunia membuat Skype banyak diminati. Tercatat sekitar 22% pengguna smartphone global menggunakan aplikasi Skype.

Skype saat ini dimiliki oleh Microsoft. Layanan ini memungkinkan user melakukan panggilan suara maupun video melalui jaringan internet.

8. Facebook Messanger
Aplikasi messaging dari Facebook ini rupanya banyak juga pemakainya. Facebook Messenger saat ini digunakan oleh sekitar 22% dari total pengguna smartphone global.

Facebook Messenger merupakan aplikasi independen buatan Facebook. User bisa menggunakannya untuk melakukan komunikasi teks dan suara.

9. WhatsApp
Layanan messaging lintas platform WhatsApp masih diminati di tengah ketatnya persaingan aplikasi sejenis. Sebanyak 17% pemakai smartphone global memakai aplikasi yang satu ini.

Bahkan di beberapa negara, WhatsApp adalah layanan messaging yang paling populer. Seperti di India, dimana jumlah penggunanya sudah mencapai kisaran 20 juta.

10. Instagram
Aplikasi berbagi foto ini memang populer dan tersedia di berbagai sistem operasi smatphone. GlobalWebIndex menyatakan bahwa 11% dari seluruh pengguna smartphone global saat ini menggunakan Instagram.

Instagram memungkinkan user mendandani foto yang akan diposting dengan bermacam filter. Aplikasi ini dimiliki oleh Facebook setelah dibeli sekitar USD 1 miliar dari pemilik lamanya.

sumber:
polytron.