Rabu, 18 September 2013

BlackBerry Z30 Diluncurkan

BlackBerry resmi merilis ponsel pintar BlackBerry Z30 di Malaysia, Rabu (18/9/2013). Produk ini berukuran layar 5 inci, termasuk dalam kategori phablet atau perpaduan dari perangkat ponsel dan tablet.

Z30 berjalan dengan sistem operasi terbaru BlackBerry 10 versi 10.2. Perusahaan asal Kanada ini mengklaim, sistem operasi tersebut mengalami perbaikan dan penambahan fitur.

Sehari sebelum meluncurkan BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dan iOS, BlackBerry mengumumkan perangkat terbaru yang dinamai BlackBerry Z30.


Anggota keempat dari keluarga ponsel pintar BlackBerry 10 ini adalah yang terbesar dan terkuat dengan layar Super AMOLED 5 inci dan prosesor quad-core 1,7GHz. Ia juga menyandang baterai berkapasitas terbesar, yakni 2.880 mAh, yang diklaim BlackBerry mampu bertahan hingga 25 jam.

Selain perangkat, BlackBerry juga memperkenalkan sistem operasi terbaru BlackBerry 10.2. Versi 10.2 memiliki sejumlah pembaruan dibanding seri sebelumnya, termasuk pembenahan BlackBerry Hub.

Terdapat fitur Priority Hub yang mempelajari kebiasaan pengguna untuk menampilkan apa yang dianggap merupakan pesan paling penting yang diambil dari surel, jejaring sosial, dan akun lainnya. BlackBerry 10.2 juga menawarkan versi terbaru BBM yang bisa menampilkn pesan secara pop-up dan rincian pesan yang diterima ketika layar perangkat dalam keadaan terkunci.

Untuk memanjakan telinga pengguna, Z30 dilengkapi dua speaker stereo dan fitur yang disebut BlackBerry Natural Sound. Fitur ini dirancang untuk memperbaiki kualitas panggilan audio dan video melalui BBM. Selain itu, BlackBerry membenamkan antena baru agar proses transfer data bisa berlangsung lebih cepat dan mengurangi terputusnya panggilan karena kualitas sinyal yang buruk.

BlackBerry Z30 akan tersedia mulai pekan depan di Inggris dan Timur Tengah, sementara wilayah lain akan menyusul bulan depan. Adapun harganya tergantung masing-masing wilayah.

Anda yang menggunakan BlackBerry Z10, Q10, dan Q5 sudah akan bisa menggunakan BlackBerry 10.2 pada pertengahan Oktober nanti.

"Ponsel BlackBerry Z30 dibangun dengan desain kokoh dari platform BlackBerry 10 dengan fitur seperti BlackBerry Hub, keyboard virtual, dan browser yang baik," ujar Carlo Chiarello, Wakil Presiden Eksekutif Produk BlackBerry, dalam keterangan persnya.

BlackBerry tidak mengungkap secara detail spesifikasi komponen Z30. Dalam siaran pers, perusahaan hanya mengungkap bahwa perangkat ini memakai layar jenis Super AMOLED, prosesor quad-core 1,7GHz, dan baterai berkapasitas 2.880mAh.

BlackBerry akan mulai memasarkan Z30 pada pekan depan di Inggris dan wilayah Timur Tengah. Selanjutnya, Z30 akan dipasarkan di negara lainnya saat musim liburan atau akhir tahun 2013.

sumber:
kompas.
chip.