Minggu, 20 Oktober 2013

Windows 8.1 Sudah Ada di Pasar Indonesia

Microsoft hari ini (18/10) secara resmi meluncurkan Windows 8.1 serentak di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia.


Peluncuran sistem operasi besutan Microsoft di Indonesia ditandai dengan gelaran acara di Blitzmegaplex, Central Park, Jakarta yang dihadiri oleh Bernard Saisse, Marketing Director Microsoft Indonesia dan Lucky Gani, Business Group Head, Windows Division Microsoft Indonesia.

Di sela-sela presentasinya, Bernard mengatakan, Windows 8.1 sebagai kelanjutan dari Windows 8 telah mampu memperluas hingga mencakup seluruh aktivitas yang dilakukan dari perangkat apa pun, dari rumah, kantor, maupun di perjalanan. Windows 8.1 lebih personal dengan lebih banyak cara untuk menciptakan pengalaman baru yang lebih ekpresif dan sejalan dengan hidup penggunanya.

Salah satu optimalisasi yang dilakukan terhadap sistem operasi ini adalah pilihan untuk mengubah ukuran Live Tile serta pilihan desain dan warna yang lebih bervariasi. Selain itu, pengguna juga dapat memilih cara masuk ke Windows melalui Start Screen atau Desktop yang sudah familiar. Windows 8.1 juga telah mengembalikan tombol Start sebagai titik awal navigasi yang umum dikenal.

Ditunjang dengan fungsi pencarian yang cerdas lewat Bing Smart Search, Windows 8.1 mampu menyajikan cara termudah dalam mencari dokumen atau informasi yang dibutuhkan pengguna. Cukup dengan menyapu atau mengetik di layar Start apa pun yang ingin dicari, Smart Search akan menemukannya. Berbeda dengan Windows sebelumnya, hasil pencarian yang ditampilkan bisa berupa dokumen, album foto di SkyDrive, aplikasi favorit, lagu dari koleksi Xbox Music, atau situs.

Dengan sederet aplikasi dan layanan yang mucul di layar Start, pengguna dapat melakukan apa pun yang mereka sukai. Contohnya, pengguna dapat bercengkrama dengan teman atau kerabat melalui Skype. Aktivitas lainnya, mengirim e-mail melalui Mail atau sekadar menikmati hiburan di Xbox Video. Windows 8.1 juga telah dilengkapi dengan aplikasi browser Internet Explorer 11.

Terkait dengan layanan penyimpanan data di cloud, tentu saja Windows 8.1 dengan mudah dapat terintegrasi dengan SkyDrive. Lewat SkyDrive, pengguna dapat membuat, menyunting, menyimpan, dan berbagi dokumen di mana pun, kapan pun, melalui perangkat apa pun. Fitur lainnya yang turut dibenahi oleh Microsoft adalah Windows Store. Marketplace tersebut kini terlihat lebih tertata dan memudahkan pengguna untuk memperbarui atau mengeksplorasi beragam aplikasi yang baru. Untuk Anda yang suka berbagi informasi di jejaring sosial, kini telah tersedia Facebook for Windows 8.1

Lucky Gani menambahkan, Windows 8.1 sudah tersedia di Indonesia sejak 17 Oktober kemarin. Pengguna Windows 8 di Indonesia sudah dapat mengunduh pembaruan secara gratis melalui Windows Store. Selain itu, Windows 8.1 akan tersedia dalam kemasan boks ritel (DVD full-package) di berbagai lokasi penjualan di Indonesia mulai tanggal 18 Oktober 2013. Lucky menambahkan bahwa harga paket Windows 8.1 bisa sedikit bervariasi antar pengecer. Selain itu, Microsoft Indonesia juga sedang merumuskan paket Windows 8.1 untuk pelajar.

sumber:
chip.co.id