Jumat, 01 November 2013

7 Kelebihan Android 4.4 Kit Kat

Google akhirnya meluncurkan sistem operasi terbaru Android 4.4 KitKat bersama dengan Nexus 5 dalam konferensi pers di San Fransisco, Kamis (31/10) malam. Android KitKat membawa sejumlah pembaruan dibanding seri Android 4.3 Jelly Bean.

Namun, harapan tertinggi banyak orang kepada Google adalah mereka bisa menekan fragmentasi perangkat Android di pasar saat ini dengan menghadirkan sistem operasi yang bisa dipakai baik di perangkat kelas atas maupun kelas menengah.

Keinginan itu sedikit terobati karena Google menegaskan, Android KitKat hanya membutuhkan memory 512 MB atau 16 persen lebih kecil dibanding Jelly Bean. KitKat juga lebih hemat 12,9 persen dalam penggunaan piksel.

Ini artinya, perangkat kelas menengah yang menggunakan memory 512MB-1GB sudah bisa menjalankan Android KitKat. Dengan demikian, pengalaman penggunaan Android di perangkat murah dan mahal tak akan terlalu jauh berbeda.

Selama ini, produsen perangkat Android murah lebih memilih Android 2.3.3 Gingerbread karena lebih enteng untuk hardware berspesifikasi rendah. Perangkat Android murah ini sangat laris di negara berkembang, termasuk Indonesia.


7 Kelebihan Android 4.4 Kit Kat


1. Caller ID
Aplikasi Google akan memindai dan menampilkan hasil yang cocok dari tempat terdekat yang terdaftar di Google Maps jika Anda menerima nomor telepon dari orang yang namanya tak ada di phonebook.

2. Perbaikan menu Panggilan Telepon
Panggilan telepon di KitKat akan menganalisis nomor kontak yang paling sering Anda hubungi dan secara otomatis menjadikannya prioritas di daftar kontak. Ia juga terintegrasi dengan Google Maps, sehingga Anda bisa mencari tempat terdekat.

3. Immersive mode
Notifikasi akan disembunyikan secara otomatis dari layar, keculai item yang benar-benar ingin Anda lihat, ketika dalam posisi full screen. Ini akan membuat kegiatan melihat foto, video, peta, buku, dan game jadi lebih menyenangkan.

4. Hangouts
Aplikasi Hangout di Android KitKat sudah terintegrasi dengan SMS, MMS, dan panggilan video.

5. Cara pintas
Anda akan bisa mencetak foto, dokumen, dan laman web dari ponsel atau tablet Anda. Semua printer yang terhubung ke Google Cloud Print akan kompatibel, demikian juga dengan HP ePrint printer.

6. Google Now
Google Now mempunyai kartu informasi terbaru tentang acara TV favorit pengguna, yang akan muncul tiap saat ketika acara tersebut akan dimulai.

7. Detektor langkah dan gerakan
Android 4.4 juga menambahkan platform dukungan untuk sensor langkah untuk melacak langkah ketika Anda sedang berjalan, berlari, atau menaiki tangga.

Kapan bisa mendapatkan KitKat

KitKat sudah memulai debutnya sejak 31 Oktober di Nexus 5, yang dijual di Play Store (tidak tersedia di Indonesia) seharga Rp3,9 juta. Selain Nexus 5, KitKat juga akan dinikmati pengguna Nexus 4, Nexus 7 dan Nexus 10, serta Samsung Galaxy S4 dalam beberapa pekan ke depan.

HTC juga sudah mengkonfirmasi akan menyediakan pembaruan untuk HTC One, HTC One Mini dan HTC One Max.

sumber:
chip.co.id