Kamis, 07 November 2013

Dalam 5 Tahun Android Meroket Penggunanya

Kita semua telah tahu bersama, sistem operasi besutan Google, Android terus meroket di dunia perangkat bergerak (mobile device).

Tidak hanya itu, Android juga telah meninggalkan para kompetitornya, seperti iOS, Windows Phone, dan BlackBerry tentunya.

Menurut data terbaru, Android saat ini menjadi sebuah produk yang paling cepat berkembang dalam sejarah teknologi.

Seperti informasi dan grafik yang diperlihatkan oleh analisis Asymco dan Horace Dediu, jelas terlihat beberapa produk teknologi yang sukses terkait dengan jumlah penggunanya sejak pertama kali diluncurkan.


Salah satu produk teknologi lawas yang turut dihadirkan adalah Symbian. Sistem operasi ini berhasil menggaet hingga 450 juta pengguna. Tentunya, itu bukanlah angka yang kecil.

Sayangnya, Symbian butuh waktu 44 kwartal (11 tahun) sejak pertama kali sistem operasi tersebut diperkenalkan.

Sedangkan produk lainnya, BlackBerry butuh 43 kwartal untuk mencapai 225 juta pengguna. Windows Mobile yang dikembangkan oleh Microsoft butuh 30 kwartal untuk mencapai 72 juta pengguna. Saat ledakan penggunaan smartphone terjadi, Apple butuh 23 kwartal agar iOS buatannya bisa digunakan hingga mencapai 700 juta pengguna.

Bagaimana dengan Android yang terus dikembangkan oleh Google?
Android hanya butuh 5 tahun atau 20 kwartal untuk mencapai 1 miliar pengguna. Terkait jumlah penggunanya, Android bersaing ketat dengan layanan media sosial buatan Mark Zuckerberg, Facebook. Sepertinya terdengar gila, tetapi itulah faktanya.

sumber
chip.co.id