Jumat, 01 November 2013

Google Luncurkan Nexus 5 Mending ini

Sesudah menjadi bahan rumor selama berbulan-bulan, Google akhirnya secara resmi meluncurkan ponsel andalan terbaru, Nexus 5, dalam sebuah acara di San Fransisco, Kamis (31/10) malam waktu Indonesia Barat.

Nexus 5, seperti pendahulunya, juga diproduksi oleh LG, dan sekaligus menjadi debut sistem operasi terbaru Android 4.4 KitKat.

Nexus 5 memiliki sejumlah perbedaan dengan Nexus 4, seperti layar yang lebih besar (4,95 inci), prosesor Snapdragon 800 yang lebih kencang, dan dukungan terhadap jaringan 4G atau LTE. Seperti perangkat Nexus terdahulu, Nexus 5 dijual melalui Google Play Store dengan harga sangat kompetitif, US$349 (16GB) dan US$399 (32GB) mulai hari ini. Ini membuat Nexus 5 mampu mengimbangi harga Xiaomi Mi3 yang juga dibanderol dengan harga releatif murah.


Spesifikasi Nexus 5

Google dan LG merancang Nexus 5 dengan desain minimalis. Di bagian belakang, terdapat tulisan Nexus dalam posisi landscape ditemani logo LG pada bagian bawah dengan posisi portrait. Kamera 8 megapixel diletakkan di bagian kiri atas bersama satu LED flash.

Nexus 5 berukuran 143,7mm x 69mm, ketebalan 8,6mm, dan bobot 138 gram. Layar 4,95 inci ponsel ini tidak akan mudah tergores karena sudah menggunakan teknologi terbaru, Gorilla Glass 3. Kejernihan layarnya yang beresolusi 1.920x1080 piksel juga akan sangat memanjakan mata karena ketajamannya mencapai 445ppi, setara dengan Samsung Galaxy S4 dan HTC One. Sebagai perbandingan, resolusi layar Nexus 4 hanya 1.280x768 piksel dan 320ppi.

Walaupun tampak sama dengan LG G2, produk andalan LG saat ini, Nexus 5 tak memiliki kontrol kamera di bagian belakang. Tombol sleep/power dan tombol volumenya dibuat dari keramik. Anda yang berminat membeli, bisa memilih dua varian warna, yaitu hitam dan putih. Pengguna yang menginginkan variasi warna lain, Google menyediakan bumper seharga US$34.99.

Jika kita melihat lebih dalam, Nexus 5 sudah termasuk ponsel pintar terkencang saat ini. Prosesor Snapdragon 800 2,26GHz dipasangkan dengan RAM 2GB. Untuk menunjang semburan tenaga sebesar itu, Nexus 5 menggunakan baterai berkapasitas 2.300mAh. Oleh karena itu, bisa dipastikan, ponsel ini sama sekali tak akan menghadapi kesulitan untuk membuka semua aplikasi yang tersedia di Play Store saat ini.

Melengkapi kamera 8 megapiksel di belakang, Nexus 5 juga memiliki kamera depan 1,3 megapiksel. Kamera Nexus yang selama ini dikenal berkualitas biasa saja bahkan jelek jika dibandingkan ponsel lain di kelasnya, sedikit mendapat perbaikan di Nexus 5. Google menambahkan fitur gyroscope kecil di lensa kamera agar foto yang dijepret pengguna bisa stabil.

2 Versi Nexus 5

Nexus 5 akan tersedia dalam dua versi, satu khusus untuk Amerika Utara/Asia, dan satu lagi untuk wilayah Eropa. Oh ya, yang juga menarik dari pengumuman Google tadi malam adalah Android KitKat yang hanya membutuhkan memory 512MB atau 16 persen lebih rendah dari Jelly Bean. Ini artinya, perangkat murah yang hanya memiliki memory 1GB akan lebih mudah menjalankan KitKat.

Selain itu, Google juga memperbaiki cara pengguna menelepon seseorang, di mana Anda bisa langsung mengetik nama yang hendak Anda telepon, walaupun tak ada di buku telepon, dan Google akan menyimpan nomor tersebut di server mereka. Perbaikan juga dilakukan terhadap Google Voice Search dan Google Now. Di Google Now, terdapat kartu informasi baru, termasuk acara TV favorit Anda.

Setelah melihat spesifikasi teknologi dan harga yang ditawarkan, Nexus 5, merupakan pilihan paling menarik bagi penggemar Android saat ini. Harganya yang hanya US$349 atau Rp3,9 juta untuk versi 16GB berbeda jauh dengan, misalnya, Samsung Galaxy S4 dan HTC One yang dibanderol Rp7 jutaan.

sumber:
chip.co.id