Minggu, 17 November 2013

Mantan Pegawai Nokia Bikin Merk Ponsel dan OS Baru

Nokia Siapkan Smartphone Berbasis MeeGo


Sekelompok mantan pegawai Nokia dan penggemar MeeGo baru-baru ini membangun Jolla, perusahaan startup mobile yang bertujuan memperkenalkan perangkat baru MeeGo ke pasar. Berdasarkan laman Linkedln mereka, Jolla terdiri-dari direktur dan ahli utama dari Nokia N9 MeeGo, bersama beberapa orang terbaik dari komunitas MeeGo.


Karena Jolla tidak terafiliasi dengan Nokia, mereka tak akan memberikan dukungan atau update mengenai smartphone N9 atau N950. Jolla dipimpin oleh Marc Dillon selaku Chief Operating Officer. Dengan pengalaman bekerja di Nokia selama 11 tahun, Dillon sebelumnya merupakan insinyur kepala untuk proyek MeeGo (sebelumnya Maemo) sejak Januari 2006 sampai dia meninggalkan perusahaan itu pada Mei tahun ini.

“Nokia menciptakan sesuatu yang indah –produk smartphone terbaik di dunia. Hal tersebut pantas dilanjutkan, dan kami akan melakukannya bersama seluruh orang pintar dan berbakat yang turut berkontribusi terhadap kesuksesan MeeGo,” kata Dillon.

“Bersama dengan rekan dan investor internasional, Jolla Ltd akan mendesain, mengembangkan dan menjual smartphones berbasis MeeGo yang baru. Tim Jola terdiri-dari sejumlah ahli dan pemimpin utama pada proyek MeeGo, dan secara agresif merekrut talenta terbaik dari MeeGo untuk ikut terlibat dalam produksi smartphone generasi selanjutnya.”

Sailfish, Mobile OS Anyar Ciptaan Ex-Karyawan Nokia


November lalu, sebuah startup asal Finlandia bernama Jolla memperkenalkan sistem operasi mobile baru bernama Sailfish. OS tersebut berbasis pada Meego, platform buatan Nokia yang sudah tak mereka gunakan lagi setelah kehadiran Windows Phone. Jolla sendiri memang sebagian besar berisi ex-karyawan Nokia.


Perpindahan antar menu terlihat sangat lancar dan ringan. Meskipun, sebagian ikon aplikasi terlihat membutuhkan perbaikan sebelum platform tersebut dipasarkan. Sepertinya Jolla memfokuskan Sailfish pada penggunaan Gestures, strategi yang ideal yang membuat sebuah platform menjadi mudah digunakan dengan satu tangan.



Jolla, perusahaan asal Finlandia yang didirikan eks karyawan Nokia akan meluncurkan produk pertama mereka pada 27 November mendatang. Ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Sailfish OS tersebut termasuk kategori menengah. Ia memiliki layar qHD (960 x 540) 4,5 inci, kamera 8 megapiksel, penyimpanan internal 16GB, dan microSD.

Ponsel bikinan Jolla ini akan dibanderol US$535, lebih mahal dibanding Moto G yang hanya Rp 2 jutaan. Sejauh ini, Jolla hanya akan dijual khusus di Finlandia, dan belum ada pengumuman resmi peluncurannya di pasar global.

sumber
chip.co.id