Rabu, 12 Maret 2014

3 Tanda Baterai Smartphone Perlu Segera Diganti

Jumlah pengguna SMARTPHONE makin bertambah.

Hampir semua orang sudah menggenggam benda kecil serba bisa ini untuk melakukan banyak hal. Sebagai sumber daya, berbagai jenis ponsel sudah menggunakan baterai berjenis Li-Ion atau Li-Polimer yang bisa bertahan hingga 2-3 tahun.

Namun kadang-kadang, karena pemakaian yang salah atau sistem kerja baterai yang tidak optimal, menyebabkan kondisi fisik baterai cepat rusak, sehingga umurnya lebih pendek dari yang diperkirakan.

Jika baterai Anda mengalami gejala berikut ini, jangan tunda lagi untuk menggantinya.


3 Tanda Baterai Smartphone Perlu Segera Diganti:


1. Baru men-charge, tapi baterai cepat habis.

Sebelumnya, pastikan tidak ada aplikasi yang terus aktif yang menjadi penyebab baterai Anda cepat terkuras. Jika semua aplikasi berjalan normal dan Anda baru saja melakukan charge, tapi dalam waktu satu-dua jam, baterai cepat habis, bisa jadi ada yang salah dengan baterai Anda.

2. Terasa panas.

Smartphone Anda terasa panas saat digenggam? Jika Anda terlalu aktif menggunakan ponsel juga bisa menyebabkan baterai cepat panas. Namun jika smartphone Anda sering terasa panas melebihi kewajaran meski Anda jarang menyentuhnya, sebaiknya periksa kondisi baterai Anda.

3. Baterai terlihat mulai menggelembung atau keluar cairan.

Jika Anda melihat perubahan bentuk pada baterai smartphone Anda, bisa jadi ada masalah dengan rangkaian dalam baterai atau sudah bocor.

Jika terjadi hal ini, sebaiknya segera ganti baterai Anda dengan yang baru dan lebih bijak dalam menggunakan smartphone Anda, seperti mempersingkat durasi pembicaraan lewat telepon, memilih operator yang paling kuat sinyalnya, menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan, dan redupkan layar Anda.

sumber:
chip.co.id