Rabu, 05 Maret 2014

Penjualan Tablet Android Menggeser Posisi iPad

PENJUALAN komputer tablet didukung sistem operasi Android tahun lalu menggeser iPad dari urutan teratas di pasar global, menurut angka yang dirilis Gartner, Senin.


Penjualan komputer tablet naik menjadi 195,4 juta pada tahun lalu dalam peningkatan 68 persen dibandingkan pencapaian 2012, lapor pelacak industri tersebut.

Penjualan iPad juga meningkat lebih dari sembilan juta menjadi 70,4 juta.

Sementara itu, pangsa penjualan tablet yang menggunakan Android dari Google naik mencapai 61,9 persen pada tahun lalu dari 45,8 persen pada 2012, menurut Gartner.

“Pada 2013, tablet menjadi sebuah fenomena umum, dengan pilihan tablet berbasis Android yang murah bagi pelanggan namun tetap menawarkan spesifikasi yang memadai,” ujar direktur riset Gartner, Roberta Cozza, dalam sebuah rilis.

Apple terus memimpin pasar teknologi high-end melalui penjualan iPad, namun tablet Android lebih menarik pembeli dengan harganya yang murah di pasar berkembang, menurut Gartner.

Apple yang berbasis di California menarik “ekosistem” musik, game, film dan konten serta layanan digital lainnya untuk perangkat seluler memberikan tekanan terhadap banyak pesaingnya untuk menawarkan pengalaman yang sama pada tablet, ujar Cozza.

Apple tetap menjadi produsen tablet paling besar, namun penjualan perangkat Android dari Samsung naik empat kali lipat tahun lalu menjadi 37,4 juta, menurut Gartner.

Sementara itu, penjualan tablet yang didukung sistem operasi Windows mengalami peningkatan lebih dari empat juta dibandingkan penjualan pada tahun sebelumnya, meski masih jauh di bawah para pemimpin pasar tersebut.

sumber:
jpnn.com