Selasa, 06 Mei 2014

5 Tips Agar Power Bank Awet

Power Bank diperlukan pada saat charger bawaan bermasalah, bisa jadi. Atau mungkin beertujuan lain, ya tak masalah. Ingat ketika kawan ada yang membeli charger powerbank karena sesuatu hal.

Dengan seiring dengan membanjirnya populasi smartphone dan tablet, berimbas positif pada populasi power bank. Dan, power bank pun digadang sebagai salah satu aksesoris terlaris saat ini. Power bank seolah menjadi sebuah jawaban akan daya tahan baterai gadget yang harus terus aktif untuk melayani keperluan penggunanya.

Tapi perlu disadari, sebagai perangkat elektronik, power bank tentu juga perlu perawatan agar dapat dipakai secara awet dan tahan lama. Dan berikut adalah tips untuk merawat power bank. Kalau tidak dirawat maka akan cepat menjadi rusak.

Power Bank

5 Tips Agar Power Bank Awet

1. Hindari suhu ekstrim.

Penyimpanan power bank juga harus diperhatikan. Tidak boleh diletakkan pada tempat yang terlalu panas, juga terlalu dingin. Hal ini tentu saja dapat merusak komponen baterai. Apabila darurat, maka Anda harus menyiapkan tempat khusus agar suhu pada power bank tetap normal.


2. Gunakan power bank seperlunya saja.

Apabila Anda masih dapat terhubung dengan listrik, maka gunakanlah charger smartphone Anda untuk pengisian baterai. Jangan terlalu sering menggunakan power bank apabila tidak dalam keadaan darurat. Sebab, tingginya intensitas penggunaan power bank juga dapat mempengaruhi kinerja powerbank itu sendiri.

3. Perhatikan kapasitas.

Kapasitas powerbank haruslah lebih besar minimal 2 kali lipat dari kapasitas baterai. Misalkan baterai Anda 1200mAh, minimal Anda harus membeli power bank minimal dua kali lipat dari kapasitas tersebut. Sebab, pengisian pada power bank apabila terlalu sering juga dapat menurunkan kinerja. Alangkah baiknya jika membeli yang berkapasitas tinggi sehingga dalam satu kali pengisian minimal bisa dua kali pakai.

4. Pengisian power bank.

Pengisian power bank haruslah penuh sebelum digunakan. Mengapa? Agar dalam mentransfer energi ke smartphone Anda bisa dengan optimal. Apabila tidak penuh, maka pengisian tidak akan optimal.

5. Jangan sampai jatuh.

Power bank didesain sebagai perangkat yang tidak tahan pada bantingan. Sehingga apabila power bank jatuh, biasanya akan secara langsung rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Sumber :
www.selular.co.id
www.dealmates.com.my