Senin, 30 Juni 2014

2 Penyebab dan Solusi Insert SIM Card atau Rejected

Di layar ponsel Anda tiba-tiba muncul tulisan insert SIM card atau masukkan kartu SIM? Atau, Blackberry Anda mendadak menampilkan pesan SIM card rejected?

Jangan panik. Kondisi itu belum tentu bermakna kartu SIM Anda rusak. Hanya dalam 1-2 menit Anda mungkin dapat mengatasinya.

Insert SIM card. Bila pesan ini muncul, berarti ponsel Anda gagal mengenali kartu SIM yang terpasang. Mungkin Anda kurang tepat dalam menyelipkan kartu SIM. Matikan ponsel, lepaskan kartu SIM, lalu pasangkan lagi dengan cermat.

Seumpama notifikasi insert SIM card masih tersaji di layar, silakan menonaktifkan ponsel lagi. Lepaskan kartu SIM. Ambillah karet penghapus pensil, kemudian usapkan dengan perlahan di permukaan logam kartu SIM.

Selanjutnya, pasangkan lagi kartu SIM tersebut ke ponsel. Sampai pada tahap ini, biasanya masalah sudah teratasi. Kartu SIM berhasil dikenali oleh ponsel. Anda dapat kembali berkomunikasi seperti biasa.


Seandainya langkah di atas tetap ggal menyelesaikan masalah, tersisa dua kemungkinan saja.

Pertama, kartu SIM memang rusak sehingga perlu diganti baru di kantor layanan operator seluler.

Kedua, slot kartu SIM di ponsel Anda bermasalah.

Untuk menentukannya, pasangkan kartu SIM lain yang telah dipastikan normal. Kalau berhasil dikenali, berarti kartu SIM Anda positif rusak. Luangkan waktu mengunjungi kantor layanan operator seluler. Proses penggantian kartu SIM seharusnya dapat dituntaskan dalam beberapa menit. Antre menanti dilayani petugas yang justru lebih lama.

Sebaliknya, bila kartu SIM yang berfungsi normal di ponsel lain ternyata juga tak berhasil dibaca oleh ponsel Anda, kecurigaan patut ditimpakan ke ponsel. Slot kartu SIM di ponsel Anda tampaknya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bawalah ponsel itu ke pusat perbaikan resmi.

sumber:
nyata.co.id