Selasa, 17 Juni 2014

Apple iPad Air vs Samsung Galaxy S

PIHAK Samsung mengklaim ketebalan Galaxy Tab S tak lebih dari 5 kartu kredit yang ditumpuk.

Hasil pengujiannya pun ternyata benar. Hanya Bertempat di Madison Square, New York, Amerika Serikat, Samsung baru saja meluncurkan seri tablet terbarunya, Galaxy S.

Hadir dengan dua ukuran layar, 10,5 inch dan 8,4 inch, oleh Samsung diklaim sebagai tablet tertipis. Memang sebelum Galaxy Tab S, sudah ada beberapa tablet yang mengklaim mempunyai ketipisan yang luar biasa, salah satu di antaranya adalah iPad Air. Dan kini keduanya bersaing ketat merebut tahta 'tablet tertipis di dunia'.


Apple iPad Air vs Samsung Galaxy S

1.Ukuran

Samsung, vendor raksasa asal Korea Selatan itu menawarkan dua versi ukuran berbeda dari Galaxy Tab S, yakni 10,5 inch dan 8,4 inch. Bila melihat dari bentang layarnya, tentu saja Galaxy Tab S versi 10,5 inch akan bersaing langsung dengan iPad Air.

Sejak generasi pertama hingga iPad Air, Apple tidak mengubah ukuran layar dari tablet miliknya dan setia di ukuran 9,7 inch, berbeda 0,8 inch dengan Samsung Galaxy Tab S. Dengan perbedaan yang tidak terlalu signifikan, agaknya tidak ada perbedaan mencolok di antara keduanya kendati iPad Air masih lebih kecil dari sisi ukuran bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab S.

2. Siapa Lebih Tipis?

Bila berbicara soal ukuran layar Samsung Galaxy Tab S adalah juaranya, bagaimana jika dilihat dari sisi bobot dan ketebalannya? Kali ini, boleh dibilang Galaxy Tab S memang masih yang tertipis dibandingkan dengan kompetitornya. iPad hadir dengan ketebalan 7,5 mm atau 0,29 inch dengan berat mencapai 1 pound atau setara 469 gram.

Di sektor ini, Samsung Galaxy Tab S bisa dipastikan lebih unggul. Samsung Galaxy Tab S mempunyai ketebalan 6,6 mm saja, sementara bobotnya tidak mencapai setengah pound atau tepatnya 467 gram saja! Pihak Samsung mengklaim ketebalan Galaxy Tab S tak lebih dari 5 kartu kredit yang ditumpuk. Hasil pengujiannya pun ternyata benar. Hanya butuh 5 kartu untuk menyamai ketebalan tablet tersebut.

3. Siapa Lebih Tajam?


Membicarakan teknologi layar, baik Apple maupun Samsung mempunyai inovasi sendiri yang disematkan di tablet jagoannya. Bila iPad Air ada Retina Display, maka Galaxy Tab S bangga dengan Super AMOLED WQXGA. Nah, bila dilihat dari hitung-hitungan angka maka kembali dipastikan Apple harus kalah.

Namun, bukan berarti teknologi tersebut mutlak memengaruhi soal ketajaman di antara keduanya bila harus ditandingkan. Perlu pengamatan dengan mata kepala sendiri. Teknologi Retina Display, khususnya yang dibenamkan di iPad Air mempunyai resolusi 2048 x 1536 pixel dengan kerapatan 264 ppi di layar IPS-nya. Sementara Samsung Galaxy Tab S dengan Super Amoled itu mempunyai ketajaman 2.560 x 1.600 dengan kepadatan 288 ppi.

4. Fitur Kamera dan Organ Dalam


Fitur unggulan dari Samsung Galaxy Tab S adalah fingerprint scanner. Ini adalah tablet pertama Samsung yang menggunakan cara tersebut. Maksimal ada tiga sidik jari per user dan ada total 8 user yang bisa memakainya. Data fingerprint tersebut juga bisa digunakan untuk fasilitas pembayaran paypal. Apple memang sudah mempunyainya, namun itu masih terbatas di iPhone 5S.

Siapa yang mendahului dan siapa yang menyontek, pengguna juga yang menentukan. Sementara di sisi kamera, iPad hadir dengan resolusi 5 MP teknologi iSight dan bukaan f/2,4. Di bagian sekundernya, iPad Air mempunyai resolusi kamera 1,2 MP. Semuanya dijejali dengan kemampuan merekam 1080p.

Adapun Galaxy Tab S dilengkapi dengan kamera depan 8 MP plus LED flash dan kamera depan 2,1 MP full HD. Untuk video, tablet ini diperkuat dengan kemampuan recording Full HD (1920x1080) @30 fps. Pihak Samsung mengklaim, ini adalah fitur kamera terbaik saat ini di tablet PC. 5 kartu untuk menyamai ketebalan tablet tersebut.

sumber:
jpnn.com