Sabtu, 12 Juli 2014

Cara Resmi Menukar Charger iPhone di Indonesia

Apple memutuskan untuk menarik alat pengisi daya baterai (charger) untuk iPhone 3Gs, 4, dan 4s di 37 negara, termasuk di Indonesia.

Hal itu dilakukan setelah Apple menilai charger tersebut cacat produksi dan menimbulkan suhu panas berlebih (overheat).

Cara mengindentifikasi charger yang bermasalah itu bisa dilihat dari label di antara cabang penghubung listrik. Charger yang bermasalah menunjukkan kode Model A1300 dan huruf “CE” berwarna abu-abu tua.
Charger tersebut dikemas bersama dengan iPhone 3Gs, 4, dan 4s untuk pasar Indonesia. Charger model ini juga dijual secara terpisah.

Menurut panduan, charger itu akan ditukar secara gratis dengan charger desain baru yang menunjukkan kode Model A1400 dan huruf “CE” warna putih dalam garis abu-abu.

Bagi konsumen yang ingin melakukan penukaran, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu toko retail produk Apple yang telah ditunjuk untuk menggelar
program
penukaran. Daftar toko dan lokasinya bisa dilihat di tautan ini. Karena, tidak semua toko retail Apple di Indonesia menerima program penukaran tersebut.

Pada Selasa (17/6/2014), KompasTekno melakukan penukaran charger iPhone 4s di iBox Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Petugas teknis memeriksa kode model charger lalu memverifikasi nomor seri iPhone sebagai bagian dari proses penukaran.

Anda akan diminta mengisi informasi nama lengkap, alamat rumah, nomor ponsel, dan email. Beberapa saat kemudian, KompasTekno menerima email dan diberikan selembar faktur sebagai bukti penukaran charger.

Dalam faktur dijelaskan, proses penukaran ini membutuhkan waktu paling lama 21 hari kerja. Petugas teknis berkata akan menghubungi konsumen via email atau telepon jikalau charger desain baru sudah tersedia di toko mereka.

21 hari memang cukup lama, dan selama itu konsumen harus mengisi daya baterai iPhone dengan menghubungkannya ke port USB di komputer.

Update:
KompasTekno dihubungi lewat telepon dan email bahwa unit charger pengganti telah tersedia untuk diambil pada Kamis (26/6/2014). Berdasarkan pengalaman ini, proses penukaran charger membutuhkan waktu 9 hari.

sumber:
tekno.kompas