Rabu, 15 Oktober 2014

Ponsel yang Bukan Garansi Resmi

Ponsel Bukan garansi resmi

Garansi resmi yang dimaksud di sini adalah garansi yang dianggap resmi di mata produsen ponsel sekaligus pemerintah Indonesia. Penulis kali ini mencontohkan BlackBerry.

Ponsel BlackBerry yang dinilai bergaransi resmi adalah yang didistribusikan oleh TAM, SCM, dan Trikomsel/Comtech. Peranti BlackBerry bergaransi pihak lain, misalnya, Bless, Berrindo, WII, BBM, dan RIM lebih tepat dianggap sebagai garansi distributor independen.

Produk itu resmi di mata pemerintah, tetapi oleh produsen ponsel dianggap sebagai tidak resmi. BBM dan RIM apakah juga termasuk tak resmi? Iya. Jangan tertipu, BBM di sini bukan bermakna BlackBerry Messenger. RIM-nya juga bukan Research In Motion. Risiko membeli ponsel BlackBerry bergaransi tidak resmi sudah jelas. Layanan purna jual biasanya kurang terjamin.



Intinya, siap-siap beradu keberuntungan dan melatih kesabaran. Pusat perbaikan resmi BlackBerry juga takkan melayani klaim garansi atas ponsel tersebut.

Hal lain, tingkat kebaruan BlackBerry non-resmi tipe tertentu sangat pantas diragukan. Yang dibilang ponsel baru, realitanya mungkin yang baru casing-nya saja. Sedangkan bagian dalamnya, hmm… jangan kaget kalau seolah usai menjalani operasi berat.

sumber: jpnn.com