Senin, 19 Januari 2015

3 Tips Sebelum Membeli Ponsel Pintar

Sebelum Anda membeli smartphone, menurut situs metrotvnews.com, ada hal-hal yang patut diketahui supaya tidak menyesal di kemudian harinya nanti. Ada tiga poin penting yang perlu disimak.

Smartphone sudah seperti benda wajib bagi sebagian besar orang. Selain untuk komunikasi, ia juga bisa diandalkan untuk bermain dan bekerja. Banyaknya jenis dan merek seringkali membuat para calon pembelinya, terutama para newbie, merasa bingung karena teknologi serta fiturnya sama sekali berbeda dengan ponsel-ponsel biasa.

Selain itu, Windows Phone juga tidak dapat banyak dikostumisasi, dan memiliki ekosistem yang eksklusif layaknya iOS. Namun di balik itu semua, Windows Phone rata-rata memiliki daya tahan baterai yang sangat baik. Ia juga memiliki kualitas layar yang tajam, dan fitur kamera yang canggih. Jika Anda adalah penggemar sistem operasi Windows, Windows Phone dapat dijadikan salah satu pilihan utama bagi Anda.

3 Tips Sebelum Membeli Ponsel:


1. Perhatikan spesifikasi hardware

Layaknya sebuah PC, smartphone juga memiliki serangkaian spesifikasi yang perlu Anda ketahui, terutama jika Anda berniat untuk membeli Android karena spasifikasi yang ditawarkan sangat bervariasi. Pertama, fokuskan pilihan Anda pada smartphone yang memiliki prosesor terkencang dan kapasitas RAM terbesar.



Kedua komponen tersebut merupakan faktor utama yang mempengaruhi performa smartphone Anda. Selain itu, layar merupakan hal yang juga perlu diperhatikan. Seluruh smartphone menggunakan layar sentuh (touchscreen) sebagai alat navigasinya. Kami sarankan kepada Anda untuk mencoba respons layar karena akan mempengaruhi kinerja Anda ketika menggunakan smartphone.

Hal lainnya adalah daya tahan baterai. Meskipun ada power bank, namun sebaiknya Anda memilih smartphone yang memiliki baterai berkapasitas besar.

2. Perhitungkan jaringan selular di sekitar Anda

Jaringan 4G LTE adalah sesuatu yang baru di Indonesia dan ketersediaannya akan semakin merata, terutama di kota besar. Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, seperti Jakarta, tentu sangat sayang apabila membeli smartphone non-4G LTE. Demikian juga sebaliknya, ponsel tanpa teknologi 4G adalah pilihan terbaik bagi Anda yang berada jauh dari lingkup jaringan tersebut, karena smartphone berteknologi 4G LTE memiliki banderol harga yang lebih mahal.

Selain itu, perhatikan juga kebutuhan Anda ketika menggunakan smartphone. Jika sebelumnya Anda memiliki dua ponsel, smartphone dengan fitur dual SIM adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

3. Pilih platform sesuai kebutuhan

Saat ini, setidaknya terdapat tiga platform besar yang mengusai pasar dunia dan Indonesia, yaitu iOS, Android, dan Windows Phone. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda, dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing.

iOS dapat Anda temukan di seluruh produk Apple, seperti iPhone dan iPad. Di Indonesia, harga perangkat iOS memang terbilang cukup mahal, bahkan masih dianggap sebagai barang mewah. Jika memiliki cukup uang untuk membelinya, mungkin Anda akan tertarik oleh iPhone karena nama besar Apple melekat di bodinya.

Namun, perlu diketahui, jika dalam kegiatan sehari-hari Anda tak menggunakan perangkat Apple lainnya, atau dengan kata lain Anda tidak berada di dalam ekosistem Apple, kami sarankan untuk tidak membeli smartphone tersebut. Mengapa? Hingga kini, Apple memang mengedepankan sifat eksklusif bagi seluruh produknya. Itu artinya, Anda akan kesulitan jika keseharian Anda tidak berada dalam ekosistem Apple.

Bertolak belakang dengan iOS, Android adalah platform yang mengedepankan keterbukaan. Karena itu pula, ia paling banyak digunakan di berbagai merek smartphone, mulai dari merek besar seperti Samsung, Sony, dan LG, hingga ke pemain lokal, seperti Polytron, dan Evercoss. Android sangat ramah terhadap ekosistem lainnya.

Ia dapat mudah dihubungkan dengan perangkat Windows, maupun Mac OS milik Apple. Android juga memiliki aplikasi yang tidak akalah banyak dengan iOS, dan popularitasnya terus meningkat hingga kini. Selain itu, smartphone Android juga memiliki banyak sekali model dan tipe, dengan spesifikasi yang juga sangat bervariasi. Jika Anda ingin membeli, pastikan smartphone tersebut menggunakan Android versi terkini, sehingga tak perlu lagi meng-update sistem operasinya.

Selain Android dan iOS, Windows Phone adalah pemain ketiga terbesar. Salah satu smartphone yang menggunakan platform ini adalah seri Lumia. Minimnya aplikasi dan aksesoris membuatnya kalah jika dibandingkan dengan iOS dan Android.

sumber: http://teknologi.metrotvnews.com/read/2015/01/04/340474/perhatikan-3-hal-penting-ini-sebelum-membeli-smartphone