Jumat, 12 Februari 2016

4 Tips Amankan Password

Password merupakan benteng utama untuk mengakses berbagai akun layanan digital. Tak mengherankan bila password masih banyak diincar oleh para hacker. Namun, bagaimana sebaiknya membuat password yang aman? Berikut adalah tips dari Dony:

1. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter spesial.

Password yang kuat adalah password yang menggunakan huruf, angka, serta karakter spesial. Meski demikian, jangan gunakan kata yang sudah terlalu umum yang dimodifikasi, contohnya adalah P@ssw0rd.




2. Buat password dengan panjang minimal 8 karakter.

Panjang password akan membantu kita aman dari ancaman hacker, karena password yang panjang akan lebih sulit diketik serta dibobol.

3. Jangan gunakan password yang sama untuk semua akun.

Salah satu kelemahan pemilik akun adalah memiliki banyak akun namun tidak ingin repot. Akhirnya mereka menggunakan password yang sama di semua akun yang dimiliki. Jika satu diketahui, maka semua akun akan sangat mudah dibobol.

4. Gunakan aplikasi password manager.

Jika Anda merasa bahwa menggunakan password yang berbeda di setiap akun yang dimiliki sangat merepotkan, Anda dapat menggunakan aplikasi password manager agar Anda tidak perlu mengingat semua password yang dimiliki.

sumber:
metrotvnews.com