Minggu, 11 April 2010

Tips Trik Jika Sim Card Tidak Terdeteksi di Ponsel

Sebelum mempelajari kenapa ponsel tidak dapat mendeteksi simcard,sebaiknya kita pelajari dulu dasar dari komponen untuk simcard dan konektornya biar lebih yakin.Pada dasarnya simcard baik cdma maupun gsm mempunyai struktur yang sama.

Di dalam simcard terdapat micro chip yang mempunyai kode-kode berupa garis perak yang fungsinya untuk dapat diakses lewat komputerisasi oleh pihak operator.Yang membedakan antara simcard gsm dan cdma adalah frekuensi yang dipakai saja.


Terdapat enam kaki pada konektor simcard di ponsel kita yang antara lain fungsinya adalah:
1.Sim dat.
2.VPP.
3.Simlock.
4.Reset.
5.Vsim.
6.Ground.
Pada pengguna hp lama simcard tidak seperti sekarang, melainkan dimasukkan langsung bersama lempeng penghubung simcard.




Kasus Insert Simcard
Pada kasus ini maksudnya kartu tidak bisa di baca oleh ponsel.Penyebabnya ada beberapa faktor yang antara lain simcard kotor atau mengalami perubahan fisik karena kartu sering dipindah-pindah dari tempatnya.Bisa juga karena konektor simcard di ponsel kotor sehingga kartu tidak bisa menempel dengan sempurna.

Untuk kasus pertama ya kita harus ganti simcard karena tidak bisa di betulin lagi.Sebaiknya di bawa ke counter resmi operator dan minta gantu kartu baru dengan nomor yang sama.Dianjurkan agar tidak sering-sering memindah kartu ke ponsel lain biar tidak cacat fisiknya.
Untuk kasus kedua sebaiknya konektor di ponsel tempat menempelnya kartu dibersihkan dahulu menggunakan lap kering.Biasanya usaha ini berhasil.


Namun demikian jika tidak berhasil kita bisa mengukur dahulu tegangan pada konektor sebelum divonis rusak.Caranya adalah dengan pengecekan kaki-kaki pada konektor.
1.Hidupkan ponsel.
2.Siapkan multitester di skala 10 volt.
3.Tempelkan ujung probe multitester berwarna hitam ke kaki ground biasanya nomor 4.Dan kabel positf warna merah colokkan ke bagian Vsim kaki nomor 3 biasanya.
5.Tegangan pada multitester harus menunjukkan 1,8 volt DC.
Jika pengukuran ini didapatkan kurang dariangka tersebut, berarti memang telah ada kerusakan pada ponsel khususnya konektor Vcc.

Setelah adanya pengecekan ini barulah kita bawa ponsel kita ke tukang servis hp.Karena di khawatirkan untuk yang kurang pengalaman akan merusak komponen yang lain.
Selamat mencoba.

38 komentar:

  1. amankan pertamaxx dulu sebelum dibaca

    BalasHapus
  2. manteb sob infonya,kalau tips buat mengetahui orang yang melakukan call dengan private number ada gak??

    follow sukses sob^_^makasih

    BalasHapus
  3. Info menarik bro,thanx infonya,ke tkp dulu ahh hihih..

    BalasHapus
  4. wah baru tau neh saya,,
    ada temen saya mas yang lagi sibuk dengan hp nya,,
    terima kasih berkat mas tomo saya akan coba bantu dia,,

    BalasHapus
  5. Makasih tipsnya sob.bisa aku coba jika hpku keluar tulisan insert card

    BalasHapus
  6. menambah pengetahuan lagi seputar ponsel d rumah mas tom

    BalasHapus
  7. kmarin aku mengalaminya sob
    waktu isi ulang berhasil
    setlh itu lngsung insert simcard
    utung cumn isi pulza 10ribu heheh
    lahasil buang dech karttuna

    BalasHapus
  8. waduw saya gak punya alat2na sob
    utk multitester na heheh
    makasih tips nya

    BalasHapus
  9. Tips menarik sob. Jd tw permasalahanx ly gny ya. Trims yo

    BalasHapus
  10. Wih bisa jadi refensi nih mas tomo.. ku simpan ya siapa tahu nanti dibutuhkan.. Soalnya HP dah butut, hhehhehe. malu jadinya ane.. Hiks!

    BalasHapus
  11. Ane mampir lg sob, wah ane bner2 minta maaf ya sob. Ane ga tw lo ane salah pasang and punya sobat ikut khapus. Entar di cek aj ya. Sory ya sob..

    BalasHapus
  12. waw makasih infonya. ..
    jadi lebih berhati-hati sekarang jadinya .....

    BalasHapus
  13. kalo sim card jarang problem.. memory card yang sering kang

    BalasHapus
  14. sama kayak yg diatas komennya, klo sim card saya sih gak pernah error, nah klo memory card udah rutin tuh :p

    BalasHapus
  15. hp ku nokia 6300 gak bisa baca sim lain kecuali kartu sim AS ku yang lama....
    kira-kira ada yang tau gak kenapa hp ku ini gak bisa baca kartu yang lain kecuali kartu AS ku aja?

    BalasHapus
  16. ikut nyimak gan ya....
    buat nambah ilmu..

    BalasHapus
  17. sungguh ilmu yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  18. hp lg gua kena yg kaya gini nih. bisa dicoba... setelah nyari multi tester bapak gua yang entah ada dimana.

    BalasHapus
  19. Gan ane pake IM3 baru sebulan di smartphone ane. gara2 ada panggilan darurat sampe sekarang semua simcard indosat tidak kebaca lagi di smartphone ane. kata'y sich IC'y yang ke lock. Ada solusi kah bwt masalah ane ini?

    BalasHapus
  20. klo di kasih sim card lain hpnya lgsung hang gmana tuh gan. . .??

    BalasHapus
  21. kira,kira brapa ya ongkos ganti tempat slot sim card..
    masalahnya lempengan kuningannya putuss

    BalasHapus
  22. Gan kok punya ane tetep aja gak bisa baca sim'a ,pertama gak ada sinyal terus gak kebaca deh kartu'a,kira2 itu kenapa Ƴɑ̤̥̈̊ gan?
    Apa ada yang harus diganti?
    Thank's gan

    BalasHapus
  23. walah... mending dibawa ke tukang service aja dah.....

    BalasHapus
  24. klo saya biasanya jika sim card ga ke deteksi cukup lepas sim card trus gosok2 lempengan platina sim card ke celana jeans habis itu pasang lagi dan normal lagi deh

    BalasHapus
  25. thank informasi nya gan..... hp gua bisa dapat sinya lagi.....

    BalasHapus
  26. Terimakasih informasinya nih .. Biasanya memang kalau kartu simcardnya yang kotor jadi tidak terdeteksi lebih mudah mengatasinya.. hanya tinggal dibersihkan..

    BalasHapus
  27. Hp spc c1 sim 2 gak bisa knp ya gan maslahnya??

    BalasHapus
  28. Tdi nya cuma rusak tempat memory z.trus saya bawa k tk servis malah sim card 22 nya gak bisa.
    ada yg tw gk tmpt servis resmi Hp spc.

    BalasHapus
  29. kalo hp saya sinyalnya silang dan biasanya kan ada bacaannya telkomsel gitu dilayar tp ini bacaannya tidak ada layanan, itu kenapa ya? Saya pikir kartunya yg rusak, tp saya coba pake kartu yg lain jg gabisa. Mohon solusinya

    BalasHapus
  30. Gan mau nanya ? ada nomor yang tidak bisa dikenali baik di SMS mupun ditelpon yang muncul cumak nomornya aja, padahal sudah disimpan. sedang nomor yang lainnya muncul semua namanya. itu gimana gan ? thanks

    BalasHapus
  31. Samsung s2 ku tdk bs baca kurtu bnr2 ky tai

    BalasHapus
  32. Saya beli samsung s4 di lebanon saya pasang sim card indonesia tdk terbaca

    BalasHapus
  33. Samsung s4 saya juga tdk bisa baca sim card

    BalasHapus

Label

Acer (47) advan (96) Ainol (27) Apple (74) Asiafone (59) Asus (39) Axioo (33) blackberry (235) Bolt (9) Cyrus (48) EverCoss (39) Gadget (1148) Glossary (97) google (58) Himax (5) HP (4) HTC (103) Huawei (76) IMO (69) Intel (2) Jiayu (5) Keunggulan Kekurangan (176) Lenovo (61) lg (175) Microsoft (7) MITO (104) motorola (87) MSI (7) Nexian (80) nokia (321) Oppo (15) Panasonic (11) philips (47) Pixcom Mobile (45) Polytron (57) Samsung (390) selain ponselhp (42) seputar ponsel (496) Sharp (22) Smartfren (80) Sony (141) SpeedUp (20) Tabulet (25) Tips Trik (286) Toshiba (11) Treq (35) Venera (59) Xiaomi (9) ZOPO (7) ZTE (65) Zyrex (33)